/bamboo/logo.png English Version Teh herbal dari daun bambu

Pertanyaan Umum Tentang Pengawetan Bambu

Mengapa bambu harus diawetkan? Secara alami bambu memiliki starch  gula yang tinggi, gula yang ada dalam batang bambu ini merupakan makanan dari larva kumbang bubuk (misalnya larva kumbang jenis Dinodorus minutes). Ketika bambu ditebang, induk kumbang menempatkan telurnya disekitar potongan bambu, yang nantinya akan menjadi larva. Larva ini memakan bambu dan menghasilkan kotoran berupa bubuk bambu.
Bahan pengawet apa yang digunakan oleh Sahabat Bambu untuk mengawetkan bamboo? Sahabat Bambu menggunakan larutan garam borate, yakni campuran sodium pentaborate atau borax pentahydrat/decahydrate dan boric acid.
Apakah bahan pengawet tersebut aman dan ramah lingkungan? Senyawa borates merupakan bahan pengawet kayu dan bambu yang paling banyak direkomendasikan dan diterima oleh berbagai industri, diberbagai Negara. Keamanan borates sebagai pengawet kayu telah diakui oleh berbagai penelitian (silakan search dengan kata kunci borates di google untuk info lebih banyak tentang bahan ini). Untuk lingkungan bahan pengawet ini juga cukup aman, karena borates dapat terus di pakai berulang-ulang, dan tidak perlu dibuang, Cuma ditambahkan jika konsentrasi larutannya mulai turun.
Bagaimana cara kerja bahan pengawet tersebut melindungi bambu? Bahan pengawet borates akan meresap kedalam batang bambu ketika dilakukan proses pengawetan. Borates ini bertindak sebagai racun perut, sehingga ketika larva kumbang bubuk akan mati ketika memakan batang bambu yang telah diawetkan.
Apa beda pengawetan borates dengan pengawetan menggunakan pestisida lainnya?Sebagian besar pestisida yang beredar dipasar yang umumnya berbentuk cairan, merupakan racun kontak. Jadi hanya kumbang yang kontak langsung dengan racun yang akan mati. Sedangkan kita ketahui bahwa yang menjadi musuh utama bambu adalah larva yang tersembunyi dalam batang bambu. Pada banyak percobaan, pengawetan dengan racun kontak tidak efektif untuk bambu. Ini karena racun kontak memang dirancang untuk cepat menguap setelah diaplikasikan, jika tidak akan berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Jadi sifat racun kontak hanyalah solusi sementara dan seketika, tidak untuk jangka panjang.
Berapa lama bambu yang diawetkan dengan borates bisa bertahan? Bambu yang tidak diawetkan akan mulai terserang bubuk dalam hitungan bulan, dan akan semakin parah seiring berjalannya waktu. Umumnya bambu tanpa pengawetan hanya akan bertahan dalam waktu maksimal 3 tahun. Bahkan ada yang sudah hancur dalam waktu 1 tahun saja! Pengawetan dengan borates dapat membuat bambu awet terhadap serangan kumbang bubuk dan rayap hingga puluhan tahun. Berdasarkan penelitian, borates bisa bertahan dalam batang bambu hingga lebih dari 50 tahun.
Apa kelemahan pengawetan dengan menggunakan borates? Sistem pengawetan dengan borates menggunakan bahan dasar air, jadi bambu yang diawetkan dengan borates tidak dianjurkan untuk aplikasi luar ruangan yang langsung terkena hujan tanpa pelindung. Karena bahan dasarnya air, jika terkena hujan terus menerus makan lama kelamaan bahan pengawetnya akan larut dan dapat mengurangi efektifitasnya menangkal kumbang bubuk. Jadi disarankan sedemikian rupa bangunan yang menggunakan bambu hendaklah dirancang melindungi bahan bangunan tersebut dari air hujan langsung.
Apakah bambu yang diawetkan dengan borates lebih mahal? Bambu yang diawetkan dengan borates memang lebih mahal harganya karena ada tambahan biaya dalam bentuk bahan pengawet dan tenaga kerja untuk mengawetkan. Namun investasi dalam bentuk bahan yang diawetkan tersebut sebanding dengan umur pakai bambu. Jadi jika anda menginginkan gazebo, furniture, warung, cafĂ©, restoran, rumah atau cottage anda tetap berdiri kokoh dalam jangka panjang, maka pengawetan bambu adalah solusinya. Jika tidak diawetkan siap-siap menggantinya kembali dalam waktu 1-2 tahun. Selain itu secara estetis bambu yang diawetkan juga terlihat lebih baik (karena tidak berdebu), dan juga lebih sehat dibandingkan bambu yang terus mengeluarkan bubuk yang dapat menyebabkan gangguan pernafasan.
Apakah Sahabat Bambu memberikan garansi bambu yang dijual? Ya, kami memberikan garansi penggantian selama lima tahun! Jika bambu yang anda beli dari kami diserang kumbang bubuk dalam waktu tersebut, maka bambu tersebut akan kami ganti. Meski garansinya cuma lima tahun, bambu yang telah diawetkan dapat tahan selama puluhan tahun.
Jenis bambu apa saja yang disediakan oleh Sahabat Bambu? Kami menyediakan berbagai jenis bambu awet untuk berbagai kebutuhan anda. Jenis bambu yang paling umum kami awetkan adalah: 1) Bambu apus (Gigantochloa apus) diameter antara 5-9 cm, 2) Bambu hitam atau bamboo wulung (Gigantochloa atroviolacea) diameter antara 6-10 cm, 3) Bambu petung (Dendrocalamus asper) dengan diameter antara 12-18 cm dan, 4) Bambu tutul (Bambusa maculate), dengan diameter antara 5-9 cm.
Berapa panjang rata-rata bambu yang disediakan? Panjang bambu yang kami sediakan umumnya 6 meter (direkomendasikan karena lebih mudah penangannan dan transportasinya), tapi kami juga bisa melayani pengawetan bambu dengan panjang maksimal 9 meter dengan harga khusus jika dibutuhkan.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Sahabat Bambu untuk mengirimkan pesanan bambu awet? Kami butuh waktu antara 4-6 minggu untuk mengirimakan bambu yang anda pesan. Rinciannya sebagai berikut: waktu panen bambu 1-2 minggu, pengawetan, proses pengawetan 2 minggu, bongkar muat dan QC sekitar 1 minggu.
Berapa kapasitas produksi Sahabat Bambu? Bisa melayani pesanan dalam jumlah besar? Saat ini rata-rata kami bisa mengawetkan antara 2000 hingga 4000 bambu perbulan, tergantung dari ukuran diameternya. Kami siap melayani pesanan dalam jumlah besar, asalkan waktunya tidak mendesak dan terburu-buru.

 

Pertanyaan Umum Tentang Bangunan Bambu

Berapa harga permeter persegi bangunan bambu? Harga bangunan bambu menggunakan bambu yang sudah diawetkan berkisar antara Rp 800.000 hingga 1.500.000 per meter perseginya. Tergantung dari spesifikasi bahan, dan kerumitan desain dan pengerjaannya.
Apakah bisa mengerjakan diluar Yogyakarta & Jawa Tengah? Untuk pengerjaan diluar Yogyakarta, ukuran minimal bangunan yang bisa kami kerjakan adalah 64m persegi, ini karena keterbatasan tenaga dan sumberdaya yang kami miliki serta kemudahan dalam mobilisasi pekerja dan alat.
Halaman berikutnya: Harga Bambu
Sahabat Bambu Indonesia Pangkas Clearcut Pekanbaru   Studio WNA