Pengelolaan Bambu Dewasa

Cara mengelola bambu untuk panen rebung dan "kayu" bambu yang produktif.

Sahabat Bambu
Cover Image

Penyiangan dan penggemburan. Tanaman bambu haruslah dibersihkan dari rumput dan semak belukar serta digemburkan disekeliling rumpunnya minimal 2 kali dalam setahun. Meski biasnaya rumpun bambu tidak ditumbuhi rerumputan dan tidak diperlukan penyiangan kadang kala ada tumbuhan merambat yang perlu dibersihkan juga.

Pembersihan bambu tua dan pengaturan struktur bambu. Bambu yang patah, kurang sehat, pecah yang tidak tumbuh dengan sempurna haruslah dipotong dan dibersihkan dari rumpun. Pastikan hanya bambu yang sehat yang tumbuh di rumpun. Bambu yang berumur lebih dari 4 tahun harus dipotong. Perlakuan ini diperlukan untuk memastikan produktifitas rumpun bambu yang dikelola.

Perawatan Tunas Bambu untuk Rebung Berkualitas

Cara merawat tunas bambu untuk menghasilkan rebung yang berkualitas tinggi.

Sahabat Bambu
Cover Image

Untuk memperoleh hasil panen rebung bambu yang berkualitas. Rumpun bambu harus dirawat dan dikelola secara benar. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan bambu tumbuh dengan nutrisi yang cukup melalui pemberian pupuk tambahan baik berupa pupuk daun bambu alami atau pun NPK.

Pastikan mata tunas bambu terekspos oleh sinar matahari, tambahkan pupuk. Ini akan mendorong tunas bambu atau rebung tumbuh lebih sehat dan lebih awal. Perhatikan juga pangkal rumpun bambu dalam kondisi sehat dan bersih. Kualitas rebung dari bambu yang dirawat dan diberi pupuk akan lebih baik dibandingkan dengan bambu tanpa perawatan. Jika menggunakan NPK, gunakan perbandingan 5:3:2 dan ketika memberikan pupuk jangan sampai menutupi atau mengenai tunas bambu, cukup disekitarnya saja.

Daun Bambu Sebagai Pupuk Alami

Pemanfaatan daun bambu sebagai pupuk alami

Sahabat Bambu
Cover Image

Persoalan pupuk telah menjadi masalah yang belakangan ini sering kita lihat atau baca di media. Harga yang mahal, langka bahkan pupuk pun saat ini dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab demi keuntungan.

Setiap tumbuhan tak terkecuali bambu memerlukan nutrisi untuk tumbuh dengan sehat dan subur. Ada lebih dari 20 macam nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh dengan sempurna. Diantaranya nitrogen, pospor dan potasium dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak oleh tumbuhan dan dikenal sebagai makro nutrisi. Unsur lain seperti zink dan magnesium dibutuhkan dalam jumlah kecil dan dikenal dengan mikro nutrisi.

Cara Menguji Keaslian Bambu Awetan

Metode sederhana pengujian serapan boron pada bambu awetan

Sahabat Bambu

Image description Bambu yang telah diawetkan memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan bambu yang tidak diawetkan. Bambu yang tidak diawetkan akan mulai terserang kumbang bubuk hanya dalam hitungan hari atau minggu. Jika telah terserang kumbang bubuk maka tidak ada cara lain selain mengganti bahan bambu yang telah terinfeksi.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk menguji tingkat serapan dan keawetan bahan pengawet bambu yakni garam borates pada bambu awetan.

Larutan yang dibutuhkan:

  1. Larutan-1: 10gram tepung kunyit dicampur dengan 90 ml ethyl alcohol. Endapkan atau saring untuk menghasilkan larutan yang jernih.
  2. Larutan-2: campurkan 20 ml konsentrat hidrocloric acid dengan 100 ml ethyl alcohol, kemudian tambahkan 13 gram salicylic acid.