Silika Bambu: Penumbuh Rambut Alami

Silika daun bambu sebagai obat penumbuh rambut, pencegah kerontokan, penghalus kulit dan penguat tulang alami.

Sahabat Bambu
Cover Image

Silika adalah mineral yang jarang diketahui dan didengar. Namun, tahukah anda bahwa zat nutrisi ini memiliki peran penting pada pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia?

Di sisi lain mungkin kata silikon lebih familiar di telinga anda, silikon atau silika adalah mineral yang banyak terdapat di alam ini, berperan pada sintesa kolagen pada otot penghubung, kulit dan folikel rambut. Silika mengatur kalsium dan magnesium, sunsur yang membentuk tulang dan gigi, dengan cara mengatur proses penyerapan dan keseimbangan mineral-mineral tersebut dalam tubuh. Jika terjadi ketidakseimbangan mineral ini akan dapt memicu osteoporosis. Silikia memfasilitasi mineral tulang supaya menjadi lebih kuat dan meminimalkan kemungkinan deformasinya.

Silika memiliki sifat alkali yang melawan tingkat keasaman tubuh akibat asupan makanan yang kurang berimbang. Alkali berfungsi mengatur pH tubuh dan sistem imune dan melindungainya dari penyakit. Dalam konteks kesehatan rambut, kulit kepala yang bersifat asam lebih rentan terhadap infeksi, kerusakan folikel dan kerontokan rambut.

Bagaimana cara silika menyehatkan rambut anda?

  1. Silika mengatur keseimbangan hormon tubuh. Ketidakseimbangan hormon dapat terjadi pada saat stress dan pola makan yang tidak baik. Silika berperan dari dalam tubuh menjaga hormon yang berperan dalam pertumbuhan rambut dan memperbaikinya.
  2. Silika menyalurkan nutrisi ke bagian tubuh seperti kuku, kulit dan rambut. Menyalurkan nutrisi penting ke folikel rambut untuk memperbaiki kulit kepala dan mengembalikan siklul pertumbuhan rambut. Karena silika juga mengikat mineral lain dalam tubuh maka konsumsi silika juga akan meningkatkan tingkat kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Silika dalam makanan?

Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui memiliki kandungan silika seperti gandum, wortel, air mineral, kopi dan almond. Namun, jenis tumbuhan yang paling tinggi kadar silikanya adalah bambu yang dikenal sebagai tumbuhan eksotis kaya manfaat.

Beberapa tahun belakanan ini, ekstrak daun bambu merupakan sumber utama penyediaan silika untuk tujuan kesehatan. Berbagai produk supplemen silika umumnya diolah dan bersumber dari bambu, seperti teh daun bambu, sabun bahkan shampo.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr.Edith Carlisle dari UCLA Publich Health mengungkapakn peran silika bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Seiring bertaambahnya usia, produksi kolegen akan menurun, kondisi inilah yang menyebabkan kulit kering, kerusakan gusi dan gigi, penyakit tulang dan sendi serta kerontokan rambut. Tambahan silika ke dalam tubuh akan dapat memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Berikut adalah manfaat silika bagi tubuh:

  • Silika membantu pembentukan kolagen tubuh. Kolagen berfungsi memperkuat otot penghubung yang menyatukan sendi, otot, tulang dan organ tubuh.
  • Silika memperkuat gigi dan gusi.
  • Silika berperan penting alam pertumbuhan tulang secara normal
  • Silika mengatur keseimbangan kalsium dan magnesium dalam tubuh.
  • Silika menjaga pembuluh darah tetap elastis dan kuat untuk sirkulasi darah yang baik. Serta menghindari penimbunan plak pada dinding arteri.
  • Silika membuat kulit lebih sehat dan mempercepat penyembuhan kulit luka.
  • Silika menyediakan kolagen untuk memperbaiki rambut rontok, memperbaiki kondisi kulit kepala yang tidak sehat dan membuat kuku lebih kuat dan sehat.
  • Silika membersihkan kelebihan aluminium dalam tubuh melalui proses detoksifikasi. Kelebihan aluminium diketahui merupakan penyebab penyakit Alzheimer.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan silika?

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, silika terkandung dalam beberapa makanan. Salah satu yang terbanyak kadar silika adalah daun bambu. Silika pada daun bambu dapat diperoleh dengan cara mengekstraksi atau menyeduh daun bambu menjadi minuman teh herbal daun bambu.

Konsumsi secara teratur teh daun bambu yang memiliki kadar silika tinggi telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, kuku secara signifikan. Saat ini telah tersedia berbagai merk minuman mengandung silika berbahan daun bambu yang dapat anda perolah dengan mudah di pasaran. Selamat mencoba!